Televisi

E-Pendidikan dimaksudkan untuk merangkum informasi yang berhubungan dengan menggunakan Teknologi Pendidikan untuk membantu Pendidik, Pelajar dan Masyarakat
E-Pendidikan.Com
Komputer & PendidikanInternet & PendidikanTeknologi & PendidikanLaboratorium BahasaWebsite & PendidkanTV & RadioHOME

English Here

[ Guru Tahun 2000 - 2002 ] [ Guru Tahun 2002 ] [ Guru Tahun 2003 1, 2 ] [ Guru Tahun 2004 ] [ Guru Tahun 2005 1, 2 ]
[
Guru Tahun 2006 ] [ Guru Tahun 2007 ] [ Guru Tahun 2008 ] [ Guru Tahun 2009 ]
ARTIKEL
[
Teori, Strategi dan Perkaedahan Dalam Pendidikan Komputer. ]

DARI:
jawa inur ,indonesia
TANGGAL:
5 januari 2008
NAMA:
itawa
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
memiliki kemampuan dan kemauan untuk mengembangkan profesionalis guru dalam mencapai tujuan pendidikan yang berstandar internasional dengan menguasai perkembangan teknologi canggih

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
hendaknya setiap institusi tk - perguruan tinggi ( negeri /swasta dilengkapi dengan sarana dan prasarana seperti laboratorium :komputer, bahasa inggris, ipa/sains, ohp, dll.

E-Mail

DARI:
Lampung
TANGGAL:
09/01/2008
NAMA:
Winarno, S.Pd
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
pengembangan bahan ajar berbasis ICT

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Laboratorium multimedia

E-Mail

DARI:
JAWA TIMUR
TANGGAL:
JUM'AT11-01-/2008
NAMA:
NANI N FITRIA
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
SUPAYA DI MASA DATABG, SELEKSI PENERIMAAN GURU SBG PEG. NEGERI HARUS DIPERKETAT :

1. JANGAN LAGI PAKE MONEY POLITIK, NTAR CUMA YANG PUNYA DUIT YANG BISA JADI GURU SEDANGKAN KUALITAS G ADA. MO DIBAWA KEMANA PENDIDIKAN KITA, KLO TERUS BEGITU????

2. HARUS ADA PENGAWASAN KETAT TERHADAP KINERJA GURU YANG SUDAH JADI PEGAWAI NEGERI.BIASANYA SETELAH JD PEGAWAI,MEREKA KERJA ASAL-ASALAN DAN CUMA MENGHARAP GAJI BULANAN.

3. GURU HARUS MENGENAL TEHNOLOGI. MINIMAL NGERTI BAHASA INGGRIS DAN JUGA BISA MENGOPERASIKAN KOMPUTER. KATANYA ZAMAN GLOBALISASI????

4. MODEL AKREDITASI GURU DI KABUPATEN BLITAR ITU KOK MASIH SISTEM TUNJUK GITU. JD, YG LEBIH DULU DI AKREDITASI YANG DITUNJUK MA ATASAN. PADAHAL G MESTI MEREKA ITU YANG BERKUALITAS. SEHARUSNYA KAN TIAP ORNG DIBERI HAK MENGAJUKAN DIRI, LALU SIAPA YANG PANTAS DISELEKSI BERDASARKAN KUALITASA, BEGITU????

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. YACH,KOMPUTER GITU KAN PENTING.MASIH BANYAK LHO, GURU YANG TIDAK TAHUCARA MENGOPERSIKAN KOMPUTER. TERUTAMA GURU SD DI DESA2.

2. MAJALAH PENDIDIKAN GRATIS.

3. DISEKOLAHKAN KE LUAR NEGERI OLEH PEMERINTAH BAGI GURU YANG BERPRESTASI DAN BERDEDIKASI.

4. TELEVISI DAN VCD UNTUKKEPERLUAN MENGAJAR DI SEKOLAH, AGAR TAMPILAN MENGAJARLEBIH MENARIK.

E-Mail

DARI:
Jawa Tengah
TANGGAL:
11/01/2008
NAMA:
P_Widiyanto, S.Pd
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Pembelajaran Multimedia itu pasti. Guru harus explore segenap kemampuan mengajar, salah satu yang penting di era ini adalah kemampuan di bidang Teknology informasi. Lewat kemampuannya di bidang IT itulah guru bisa sharing dan mengembangkan pembelajaran Multimedia sehingga materi pembelajaran bisa sampai pada fokus sasarannya. Kenapa harus pembelajaran Multimedia ? Era informasi menuntut semua informasi termasuk informasi bidang pendidikan bisa diakses secara cepat, dan informasi balik yang kita sampaikan harus pula upload secara cepat. Itu semua bisa dicapai apabila semua guru bisa mengembangkan PEMBELAJARAN MULTIMEDIA.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. Kurikulum yang berstandar Internasional

2. Fasilitas Teknologi Informasi ditingkat instritusi sekolah berstandar. ( Computer Multimedia + Internet )

3. Fasilitas Teknologi Informasi ditingkat Individu guru berstandar. ( Computer Multimedia + Internet )

E-Mail

DARI:
Kaltim
TANGGAL:
16/01/2008
NAMA:
KUSNADI JAREK
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Saya sangat tertarik untuk meningkatkan kemampuan komputer saya, dan setelah saya lihat website ini, saya sadar masih banyak hal yang perlu saya pelajari sehubungan ilmu komputer

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Jika ada program dari pemerintah, supaya guru2 komputer di seluruh Indonsia bisa ditraining lagi.

E-Mail

DARI:
jawa tengah
TANGGAL:
18/01/2008
NAMA:
abdi negera
SAYA: Siswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
disetiap sekolah diusahakan ada internet khususnya di daerah bandar kabupaten pekelongan

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
jaringan internet melalui sekolah

E-Mail

DARI:
dalam negeri
TANGGAL:
20/01/2008
NAMA:
Budi Santoso
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
saya kesulitan menjawab pertanyaan ini. Pelatihan guru Teknologi Informasi sangat saya perlukan, karena saya dari Kimia tetapi mengajar TIK selain itu juga mengajar Bahasa Indonesia. pernah juga mengajar matematika bahasa inggris, keterampilan, kesenian. wah pokoknya jadi BAN SEREP

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Fasilitas yang berkaitan dengan komputer dan internet sangat kami perlukan. karena saya mengajar bawa laptop sendiri dari rumah agar anak bisa lihat seperti apa komputer itu. Maklum kami di sebuah kecamatan di Kalimantan Tengah. Di sekolah kami ada listrik, telepon, jumlah siswa lebih 500 siswa. ketika pertama saya bawa laptop.. eh Pak Budi Bawa Radio.. eh hati-hati ada tulisan INTEL. betul!

E-Mail

DARI:
Kalimantan Barat Kabupaten Sekadau
TANGGAL:
20/01/2008
NAMA:
Robert Putera
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Saya merasa bahwa sebagai guru di SMA pengetahuan mengajar perlu ditingkatkan, apalagi diera ini guru diminta untuk proaktif mengembangkan bakat dan kemampuannya mengajar. Oleh karena itu media ini kiranya dapat membantu kami mengembangkan kemampuan dalam mengajar khususnya pada mata pelajaran TIK. Saya sungguh berterima kasih jika media ini bersedia mengirimkan RPP TIK kepada kami. Tks

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Fasilitas yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran TIK ditingkat SMA adalah LAPTOP. Hanya menjadi persoalan adalah guru diminta kreatif bagaimana ia dapat memperoleh sebuah LAPTOP. Kalau boleh bagaimana caranya kita memperoleh sebuah LAPTOP untuk mengajar dengan harga yang terjangkau, dan jika ada pihak funder sangat lebih baik untuk membantu guru yang membutuhkan fasilitas mengajar tersebut. Tks

E-Mail

DARI:
dki jakarta
TANGGAL:
23/01/2008
NAMA:
eko widayatno
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
menguasai program animasi flash

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
laptop dan lcd

E-Mail

FROM:
INDIA
DATE:
25/01/2008
NAME:
Dr ID Shukla
I AM A: Education Consultant/Authority
THE TEACHING SKILLS NEEDS OF A YEAR 2008 TEACHER ARE:
Excellent interpersonal skills
Clear & concise communication
HHold over the subject
Hold over the language of instruction

THE FACILITIES NEEDS OF A YEAR 2008 TEACHER ARE:
High technology for his own development and low technology for the class teaching

E-Mail

DARI:
sulawesi tengah
TANGGAL:
29/01/2008
NAMA:
Alfianus Doaly
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
perlu dilengkapi literatur yang berdasar pada kemampuan dasar guru itu sendiri disertai dengan dasar ilmu yang dimilikinya.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
untuk teknologi tinggi guru perlu dilengkapi dengan fasilitas berupa laptop dan LCD serta alat peraga agar dalam memberi pelajaran dapat dan muda diserap oleh siswa.

E-Mail

DARI:
Tasikmalaya,Jawa Barat
TANGGAL:
03/02/2008
NAMA:
Harry Sudrajat,S.Sos
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Kualifikasi Pendidikan Guru,Kemapuan Profesional Guru Itu sendiri Menurut UU Guru Dan Dosen.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Komputer atau Notebook,Buku Penunjang Mata Pelajaran,Sertifikasi Guru,Tunjangan Fungsional tanpa membedakan MASA KERJA DAN JAM MENGAJAR karena pada dasarnya semua guru bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa

E-Mail

DARI:
Sumatera Utara
TANGGAL:
04/02/2008
NAMA:
Ronny Rianto, S.Pd
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Kemampuan guru mengajar di tahun 2008 adalah mampu mengajar sesuai dengan bidangnya atau mata pelajaran yang diajarkan ditambah dengan mengajarkan nilai-nilai nasionalisme dan budi pekerti yang baik

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Fasilitas guru tahun 2008 adalah seorang guru mempunyai jaminan hari tua, asuransi kesehatan, tempat tinggal , kendaraan bermotor minimal roda dua, dan sebuah laptop untuk menunjang kegiatan belajar mengajarnya.

E-Mail

DARI:
Nusa Tenggara timur (dalam negeri)
TANGGAL:
5/2/2008
NAMA:
irene ermaya
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
kemampuan mengajar guru tahun ini adalah kemampuan untuk menginformasikan materi dengan aplikasi dalam dunia nyata siswa, agar siswa mampu mengaplikasikannya. dan guru harus memiliki kemampuan mengakses informasi terbaru sesuai dengan mata diklat yang diajarkan.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
guru diharapkan memiliki seperangkat komputer untuk mempermudah dalam menyusun modul dan melengkapi administrasi diklatnya, dan kalau disetujui guru diberikan kemudahan untuk membeli dengan cara kredit sebuah unit komputer atau laptop, tanpa bunga.

guru diberikan subsidi untuk mengakses internet, kalau perlu ada lembaga tertentu dengan subsidi pemerintah dimana guru berhak mengakses internet secara gratis.

teknologi sederhana bagi guru adalah diberikan rangsangan dana untuk penemuan / pengadaan teknologi tepat guna dalam membantu proses diklat.

E-Mail

DARI:
jateng
TANGGAL:
06/02/2008
NAMA:
budi utomo
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Yang namanya guru, dan mereka yang masuk ke 'jurusan' keguruan, saya pribadi tidak meragukan kemampuan mengajarnya. Hanyasaja dibuthkan pengimbang agar bisa memotivasi anak didiknya dalam kewajiban menuntut ilmu. Dan ini hanya bisa didapat di dalam Agama alias guru mesti mendalami agama (sering-sering ikut kajian keagamaan yang shahih)

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Komputer internet itu pasti. Dengan sarana ini gunakan untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Tapi...tapi....tapi....jangan hanya paham teori, bagaimana dari teori agar bisa di-implementasikan ke tengah tantangan jaman.

E-Mail

DARI:
JAWA TENGAH
TANGGAL:
07/02/2008
NAMA:
Drs LUGTYASTYONO BUDINUGROHO,M.Pd
SAYA: Kepsek
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Guru tidak hanya mampu mengajar(transfer ilmu )saja ,tetapi juga harus dapat mendidik ( mengubah tingkah laku )peserta didiknya, disamping itu guru harus menjadi teladan bagi peserta didiknya, guru harus dapat membuat bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berlaku di Sekolah yang bersangkutan dan bahan ajar yang menarik bagi peserta didiknya.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
kalau masing-masing guru sudah mendapat sertifikasi ( tunjangan guru ) maka untuk mengembangkan potensi dirinya, misalnya : berlangganan koran ,majalah,langganan internet, dapat mengoperasikan komputer, kalau dapat memiliki email, sehingga kalau libur anak dapat diberi tugas lewat email

E-Mail

DARI:
Nanggroe Aceh Darussalam
TANGGAL:
11/02/2008
NAMA:
Suhairi,S.Pd
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
keperluan kemampuan guru mengajar yaitu kurikulum yang ada dikelola oleh dinas pendidikan dan bahan ajar yang akan diajarkan sesuai dengan kurikulum disiapkan oleh departemen pendidikan dan kebudayaan.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
media belajar seperti LCD proyektor, laptop, labor komputer yang seuai

E-Mail

DARI:
dki
TANGGAL:
19/02/2008
NAMA:
koko budy kuncoro
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Sebagai seorang pengajar, dibutuhkan penyegaran dalam mengupdate diri dalam kemampuan mengajar ( kompetensinya ) agar setiap penyajian materi, tdk membosankan didukung dengan peralatan yang baik. Karena kedepan kita dihadapkan pada era global.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Perangkat multi media dan demensi, agar sigap setiap ada perubahan kebiajakn

E-Mail

DARI:
jawa timur
TANGGAL:
20/2/2008
NAMA:
narni kurniawan
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Menurut saya guru harus mampu mengajar dengan hati dan mengajar yang bermakna, mengajar yang mendidik dan mendidik anak melalui mengajar. Untuk itu guru perlu difasilitasi antara lain dengan memberi kesempatan bagi guru (PNS) melanjutkan pendidikannya, pelatihan2 bagi guru yang merata.trims.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. Perlu adanya komputer, LCD di tiap ruang kelas untuk memudahkan PBM ato ruang khusus untuk itu yang bisa dipake 'semua guru mapel'
2. Perlu disediakan komputer untuk tiap guru minimal wali kelas untuk memudahkan menyusun admisistrasi, syukur dilengkapi dengan akses internet sehingga guru spt saya tidak hrs ke warnet terus :)

E-Mail

DARI:
TANGGAL:
23/2/2008
NAMA:
Bambang Irawan
SAYA: Mohon Pilih
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Peningkatan kemampuan khususnya penguasaan dalam bidang teknologi informasi serta pengayaan pemahaman dalam praktek pembelajaran.

Mempunyai kemampuan dalam memenage anak didik dalam upaya penciptakan lapangan pekerjaan setelah ia mampu memahami suatu ilmu.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Alat pemroses data dan transfer data

E-Mail

DARI:
jawa barat
TANGGAL:
24/02/2008
NAMA:
fatihin, S. Pd.
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Perlu diadakan pelatihan secara rutinitas dan waktu yang cukup akan hal-hal baru yang berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan(kurikulum, metode, strategi, materi, alat, sumber, evaluasi, dan lain-lain)

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
pengadaan perangkat pembelajaran yang menggunakan teknologi komputer pada semua sekolah dg dilengkapi perangkat lunak dan perangkat keras serta pelatihan bagi guru

E-Mail

DARI:
NAD
TANGGAL:
25/02/2008
NAMA:
Maimun
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Untuk meningkatkan mutu pendidikan guru kedepan maka sebaiknya guru guru di seluruh indonesia baik dikota maupun di pelosok harus dilengkapi dengan komputer yang berbasis dengan TIK dan semua guru harus di beri pelatihan TIK jagan ketinggalan terus..... mari pejabat DINAS jangan ngomong doaaaaang.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Demi kelancaran proses belajar mengajar baiknya setiap guru harus ada laptop dan setiap sekolah harus terpasang INTERNET .

E-Mail

FROM:
East Java
DATE:
25/02/2008
NAME:
Sofhatin Humaidah
I AM A: Student
THE TEACHING SKILLS NEEDS OF A YEAR 2008 TEACHER ARE:
identifying students' characteristics individually.
applying the appropriate teaching strategies based on a range of related conditions such as class size, the characteristics of the topic to be taught, the available facilities, the students' learning styles, etc..etc..etc...
having good communication skills, especially with students.

THE FACILITIES NEEDS OF A YEAR 2008 TEACHER ARE:
computer and internet access provided by the school or the local education department.

E-Mail

DARI:
DKI Jakarta (Jakarta Utara)
TANGGAL:
4/3/2008
NAMA:
Jumanta
SAYA: Kepsek
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Selain kompetensi pokok sebagai guru, seorang guru harus mampu berbahasa Inggris dan IT.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Perangkat teknologi, misalnya leptop untuk dapat menyajikan materi pelajaran

E-Mail

DARI:
Jawa Timur
TANGGAL:
13/03/2008
NAMA:
Sundari
SAYA: BP3 (Orang tua)
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Mempelajari Teknologi Informasi

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Internet gratis

E-Mail

DARI:
jawa timur
TANGGAL:
16/03/2008
NAMA:
joko
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Guru harus mampu melakukan PTK

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Komputer

E-Mail

DARI:
banten
TANGGAL:
19/03/2008
NAMA:
zailudin
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
tingkatkan kemampuan mengajar walaupun tanpa pengawasan dari atasan kesadaran mengajar bukan didasarkan honor tambahan saja

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
tingkatkan kemampuan mengajar dengan fasilitas komputer yang ada di sekolah setiap guru terutama yang mengajar ICT diberi laptop sederhana

E-Mail

DARI:
Tulungagung, Jawa Timur - Indonesia
TANGGAL:
19/032008
NAMA:
Fetri Sukisworo, S.Kom
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Di Tulungagung sepertinya belum terdapat musyawarah guru mata pelajaran yang membahas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). (atau saya yang mengajar di sekolah swasta ini yang tidak boleh bergabung..).

Padahal kegiatan tsb sangat penting untuk meningkatkan kemampuan. Ini e-mail saya : ftrxz@yahoo.co.id

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Komputer Software dan Internet

E-Mail

DARI:
yogyakarta
TANGGAL:
22/03/2008
NAMA:
rima
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
1. teaching skill nya harus bagus
2. teaching methodology harus bisa memenuhi semua kriteria anak yang dihadapi.
3. pemilihan teaching material dan dapat menjadi evaluator yang sesuai dengan hal yang diajarkan.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. teknologi, seperti komputer, jaringan internet dengan akses yang tak terbatas sehingga bisa memperluas wawasan anak maupun guru sekalian.
2. paper dan kebutuhan perbanyak materi yang sangat terbuka,s ehingga guru kalau mau menciptakan materi yang berbobot tidak usah susah mikir ntar gimana kertasnya, biaya perbanyak dll, karena masih banyak guru yang harus mengeluarkan kocek sendiri dalam mengajar .... aneh kan?

E-Mail

DARI:
Sumatera Selatan
TANGGAL:
23/03/2008
NAMA:
eni
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Dalam pembelajaran, guru dituntut bisa menggerakkan dan mengaktifkan keduabelahan otak secara seimbang dan harmonis. Karena dunia sekarang yang kadung hanya menganggap penting otak kiri udah bakal ditinggalkan. Kita udah masuk dalam fase yang menuntut kemampuan dan skill sekaligus berkemanusiaan yang pantas.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Guru lebih jeli dan kreativ dan mampu menggunakan segala fasilitas yang berhubungan dengan pendidikan, malu dong ama siswa kalo mereka nanya kita gak tau dan gak ngerti. Bukan memojokkan,a setidaknya kita bisa menjelaskan meskipun gak tau banyak. Oleh karenanya perlu ada pelatihan khusus bagi guru terutama yang berkaitan dengan kemampuan mengoperasionalkan tekhnologi anyar, semacam komputer dan internet-lah.

E-Mail

DARI:
Jawa Tengah
TANGGAL:
23/3/2008
NAMA:
NASHORUDIN AHMAD
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
kemampuan guru diharapkan mampu menguasai materi dan metode pembelajaran, bukan asal mengajar seperti yang sudah-sudah, metode mengajar mutlak diperlukan dan dimiliki sehingga guru mendapatkan kewibawaan dari apa yang dikerjakannya

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
multimedia lengkap

E-Mail

DARI:
RIAU
TANGGAL:
26/03/2008
NAMA:
wahyoto
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
buku-buku terjemahan yang diimpor dari luar negri sangat bermanfaat untuk berkembangnya kemampuan mengajar dan Pembelajaran

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
fasilitas yang diperlukan adalah masing-masing tenaga pengajar diberikan jatah berupa laptop yang disubsidikan,dan setiap sekolah wajib menggunakan infokus dan tidak perlu mencatat kepapan tulis lagi.

E-Mail

DARI:
Dalam Negeri
TANGGAL:
26/03/2008
NAMA:
Rohman
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Guru agar tidak ditinggalkan oleh siswa dalam belajar mengajar, maka guru harus menguasai Tehnologi Informasi yang semakin maju. Saya setuju sekali apabila pemerintah dengan cepat bisa menghapus atau menagkal semua situs porno yang ada di Indonesia. Sehingga saya sebagai guru tidak was-was, karena banyak siswa yang saya beri tugas untuk browsing di luar sekolah. Tidak tertutup kemungkinan siswa saya terpengaruh oleh situs-situs porno tersebut. Karena situs-situs porno tersebut juga mengiklankan situs nya dimana-mana.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Pemerintah atau Depdiknas agar menggratiskan biaya internet untuk keperluan sekolah, juga menyediakan fasilitas hardware atau komputer di sekolah yang sarananya masih sangat minim sekali

E-Mail

DARI:
sumut
TANGGAL:
28/03/2008
NAMA:
nova
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:

-Guru yang mampu menguasai bhs.inggris dan komputer.
-Memiliki kemampuan intelektual yang tinggi. Hal ini perlu agar para guru tdk dipermalukan para siswa saat mengajar, khususnya di SMA sederajat.
-Tidak terlalu monoton dlm penyampaian materi di ruang kelas..agar siswa tdk mengantuk..ada baiknya menyampaikan cerita lucu di sela-sela jam belajar..

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:

-Jaringan internet Agar lebih banyak topik yg akan disampaikan sehingga pengetahuan siswa tidak itu-itu saja.
-Buku pelajaran yg berbahasa inggris. Agar para guru tidak ketinggalan dgn pendidikan di sekolah internasional dan di negara maju.
-Pelatihan para guru minimal sebulan sekali. Agar dpt menyampaikan materi dgn baik.
- Buku pelajaran yang murah atau bila memungkinkan GRATIS..

E-Mail

DARI:
Riau
TANGGAL:
3/4/2008
NAMA:
yudiavis
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
seorang guru harus bisa menguaai teknologi informasi yang terkini, oleh sebab itu semua guru harus bisa internet untuk mencari bahan ajar yang terbaru dan jangan memakai bahan yang entah tahun kapan keluarnya

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Laptop dengan fasilitas wifi, dan lingkungan sekolah yang mendukung untuk hot spot dengan harga yang murah atau gratis untuk pendidikan

E-Mail

DARI:
dalam negeri (kepulauan riau)
TANGGAL:
03/04/2008
NAMA:
muhammad nahar, s.pd
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Sertifikasi guru jangan hanya sebagai proyek yang tidak jelas ujung pangkalnya, atau trik politik untuk memberi janji tidak profesional

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Pemerintah perlu meningkatkan sarana IT sekolah baik negeri maupun swasta agar generasi bangsa yang akan datang lebih baik dan siap ke pendidikan tinggi untuk menyukseskan visi indonesia 2020 (kalau jadi dilaksanakan)

E-Mail

DARI:
dki jakarta
TANGGAL:
07/04/2008
NAMA:
yandri reuter
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
1.kemapuan dalam menyampaikan suatu materi ,supaya anak didik dapat langsung mengerti dan tidak bertele-tele
2. kemampuan guru itu sendiri / yang mengajarkannya

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1.banyak dilakukan tranning / seminar untuk meningkatkan wahana kreatif sbg ide dalam konsep limu komputer
2. sering dilakukan lomba komputer tampa memandang umur dan kedudukannya

E-Mail

DARI:
jawa timur kediri
TANGGAL:
08/04/2008
NAMA:
dratan
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
sebagai guru harus DITERA BISA HARMONI dislipin tertip rajin bisa santun dan harmonis dengan modal dan niat ibadah hanya karena Alloh

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
adanya pelatihan dan umpan balik bagi guru untuk mendapatkan vasilitas yang mudah dan murah.

E-Mail

DARI:
DKI Jakarta
TANGGAL:
11/04/2008
NAMA:
H.M.Yahya S.
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
1. Perlu penguasaan / pengoperasian Komputer / Laptop /LCD dan dapat mengakses melalui Internet
2. Penguasaan Bahasa Inggris yang baik
3. Punya jiwa Wirausaha

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. Komputer / laptop
2. Pelatihan Bahasa Inggris dan kewirausahaan

E-Mail

DARI:
Sumatera Utara
TANGGAL:
12/04/2008
NAMA:
Sesmon TB
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Seorang guru hendaknya memahami fungsi dan perannya sebagai guru, baik dalam hal akhak, moral, etika, dan tidak ketinggal tentang pengetahuan teknologi iinformasi serta penguasaan bahasa asing

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pembelajaran

E-Mail

DARI:
Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
TANGGAL:
12/04/2008
NAMA:
zahrial
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
1. Guru harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugas dan tanggung jawabnya.
2. Guru harus memiliki wawasan yang luas terhadap tujuan pendidikan
3. Guru memiliki sertifikasi keahlian
4. khusus Guru SMK memiki pengalaman kerja di industri
5. Khusus Guru SMK harus dapat mengembangkan kurikulum teknologis

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. fasilitas harus lengkap sesuai dengan tujuan pendidikan itu sendiri
2. kekurangan fasilitas sekolah dapat dilakukan kerjasama dengan industri (khusus daerah yang memiliki industri) kalo tdk ada industri....? pemerintah daerah harus bisa menutupi kebutuhan fasilitas tersebut
3. yang penting supaya pendidikan dapat berjalan lebih maksimal (ya perhatikanlah kesejahteraan guru-guru tersebut)

E-Mail

DARI:
Banten(dalam negri)
TANGGAL:
17/04/2008
NAMA:
Yulius Edi Sarwoko
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
diklat/seminar/pelatihan/mgmp

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
. diperlukan link antar guru bidang studi sehingga dapat menyatukan gerak langkah dalam tanggung jawab bersama dalam penembangan dunia pendidikan khususnya setiap bidang studi
. sarana pembelajaran (seperti: peta, bendera dunia, kamus geografi, pengetahuan umum, lks, games, dan lain-lain yang terkait dengan materi geografi di sma
. program-program yang terbaru (IT)terkait dengan perkembangan dunia saat ini yang berkaitan dengan gejala alam dan sosial menjadi bahan ajar geografi

E-Mail

DARI:
Jogja
TANGGAL:
17/04/2008
NAMA:
Hari
SAYA: Masyarakat
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
1. Pengajaran cara lama, feodal, mendikte sudah tidak jamannya lagi.
2. Dorong siswa menjadi aktif & kreatif, jangan terpaku dengan sumber yang itu-itu saja, cari sumber yang berjibun di internet. Makanya, guru tidak boleh gaptek, setidaknya mereka dapat searching di internet
3. Untuk guru SD kelas 1-3. Jangan diam saja, membiarkan siswanya kebingungan. Sampaikan materi dengan bahasa yang mereka mengerti. Pahami psikologi mengajar untuk anak-anak seusia tersebut

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Fasilitas ICT untuk guru dan siswa

E-Mail

DARI:
Prop. Kalimantan Timur ( Tanah Grogot Kab. Paser)
TANGGAL:
22/04/2008
NAMA:
Dwi Wahyudi
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Saya Butuh Kuliah Kembali Agar mendapat Ilmu baru dari luar yang bisa saya terapkan di Sekolah Saya mengajar sekarang. saya anggap ilmu yang saya miliki belum bisa membantu anak didik saya menjadi yang diharapkan oleh siswa dan di lingkungan masyarakat sekitarnya...

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Fasilitas Sudah sangat baik dng masuknya ICT Center, tinggal SDM yang harus di tingkatkan lagi. dengan adanya pelatihan atau belajar kembali ke bangku kuliah (melanjutkan ke program yg lebih tinggi)

E-Mail

DARI:
malang
TANGGAL:
30/4/2008
NAMA:
p_tank/syapek
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
guru harus sudah bisa menggunakan segala macam alat ajar. cara tradisional sudah tidak layak pakai.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
bekali dengan berbagai keahlian.

E-Mail

DARI:
Aceh
TANGGAL:
01/05/2008
NAMA:
Fahrizal, S.Pd
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Guru itu harus banyak pengalaman untuk diinformasikan kepada muridnya. Guru berpengalaman banyak lebih baik daripa guru yang ber titel tinggi.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. Tempat pembelajaran yang bagus.
2. Alat peraga yang cukup.
3. Pendukung lainnya.

E-Mail

DARI:
jawa timur
TANGGAL:
02/05/2008
NAMA:
imam wahyuni
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
ditunjang dengan pengenalan teknologi, ada lho bahkan banyak guru yang gak ngerti dan makan komputer apalagi internet

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
laptop, diimbangi minimal sekolah lagi, s-1, s-2 kalo perlu s-3

E-Mail

DARI:
Sumatera Utara
TANGGAL:
06/05/2008
NAMA:
ADRESTA PINEM SPd
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
mampu mengajar dengan menggunakan sofware pendidikan yang kini banyak disediakan.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Teknologi sederhana

E-Mail

DARI:
Sumatera Utara
TANGGAL:
07 Mei 2008
NAMA:
Muhammad Irwan Nasution, S.Pd
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
1. Diadakannya Musyawarah Guru Mata Pelajaran Khususnya Mata Pelajaran T.I.K setiap awal pelajaran baru.
2. Diadakan olympiade komputer yang membahas tentang materi yang diajarkan di sekolah (sesuai dengan KTSP, Belajar Mengetik Cepat (Program Typing Master 2003)baik tingkat SD sampai SMA.
3. Diberikan pendidikan dan pelatihan bagi guru-guru TIK dengan materi kemajuan teknologi informasi yang terbaru.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. Diberikan media pembelajaran yang audio-visual (kaset pembelajaran yang interaktif)di masing-masing materi pelajaran yang di ajarkan setiap jenjang pendidikan (SD,SMP, dan SMA).
2. Diberikan software terbaru tentang perkembangan pembelajaran TIK.
3. Diberikan kesejahteraan.

E-Mail

DARI:
sulsel
TANGGAL:
9/05/2008
NAMA:
hakim,s.pd
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
1. Kedepan Agar tidak menerima calon guru yang hanya mengambil akta "karbitan" (hanya kurang lebih 3 bulan, malahan ada yang hanya seminggu)
2. jangan menjadikan guru sbagai alaternatif (cara paling mudah) untuk menjadi PNS
3. Sebaiknya sebelum menjadi guru (PNS) agar sudah lulus sertifikasi
Lebih mengutamakan yang alumni kepndidikan ketimbang non

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. fasilitas praktek (khususnya kami yang di SMK Kelompok Teknologi)
2. workshoop kepada rekan guru produktif.

E-Mail

DARI:
Jawa Tengah
TANGGAL:
09/05/2008
NAMA:
Drs Achmad S
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
karena ilmu pengetahuan dan teknologi sangat cepat berkembang, maka guru harus dapat mengikuti minimal sesuai dengan waktu, untuk mencapai hal tersebut sangat dibutuhkan pendidikan / training berkala/ rutin untuk memberi bekal guru agar ilmu yang digunakan untuk membimbing siswa dapat diterima siswa sebagai ilmu yang baru

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. guru sangat butuh tambahan pengetahuan baik dari buku bacaan, informasi internet terutama dari perusahaan khususnya untuk guru teknologi, karena selama ini lulusan selalu tertinggal pengetahuannya bila masuk kerja di industri
2. alat untuk praktik siswa yang terbaru, syukur yang belum/ akan dimiliki perusahaan dan tentu saja yang lengkap

E-Mail

DARI:
jawa timur / surabaya
TANGGAL:
12/5/2008
NAMA:
agus siswahjudi
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Harus memiliki kemampuan dalam mengelola media yang ada untuk pembelajaran, dan memanfaatkan teknologi yang dimiliki untuk mentransfer ilmu yang dimiliki kesiswa dan memberikan pembelajaran yang mudah dicerna setiap siswa.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
masing - masing guru harus memiliki laptop untuk mengelola setiap materi agar dapat diterima dengan mudah oleh siswa

E-Mail

DARI:
dalam negeri (sulsel)
TANGGAL:
13/5/2008
NAMA:
Syafruddin
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Yang harus dilakukan guru adalah meningkatkan kemampuan mengajar (teaching skills). Melalui lesson study memungkinkan guru melakukan sharing knowledge dan pengalaman dalam mengajar siswa. Tidak perlu ada rasa malu atau gengsi bertanya sesama kolega, kalau hal itu memang kita masih kurang. Lesson study perlu disosialisasikan ke teman-teman guru. Sebab hal ini tidak susah jika memang ada kemauan untuk maju dan berkembang demi peningkatan mutu pendidikan. Bravo guru Indonesia...

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Guru memang sudah selayaknya memiliki PC atau Labtop pribadi dalam menunjang PBM. Di samping itu fasilitas internet di tempat kerja yang memanfaatkan fasilitas wireless, agar guru dimana pun di lingkungan sekolah dapat mengakses informasi dari internet.

E-Mail

DARI:
Sumatera utara/kab.mandailing natal
TANGGAL:
13/05/2008
NAMA:
sanggam siregar.Amd
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Harus bisa dalam dunia teknologi dan informasi yang saling terpadu untuk bisa menerapkan ilmu yang dimilkinya

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
komputer dan jaringannya serta buku -buku penunjang kainnya

E-Mail

DARI:
Bengkulu
TANGGAL:
16/05/2008
NAMA:
Dian Sari,S.Pd
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Guru perlu mengembangkan diri, sendiri demi kemajuannya dan siswa. tetapi jangan sampai menelantarkan siswa. Guru jangan berhenti untuk belajar dan mencari kekurangan diri untuk perbaikan. Guru harus berusaha memanfaatkan tekhnologi demi perluasan pengetahuan guru dan siswa.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
leptop diperlukan untuk masing-masing guru untuk membantunya dalam belajar mengajar. Ditunjang dengan cd pembelajaran dan buku-buku terbaru.

E-Mail

DARI:
jawa tengah
TANGGAL:
16/08/2008
NAMA:
teach soul
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
guru dapat memberikan evaluasi yang sesuai dengan kemampuan siswa.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Teknologi tinggi : LCD + Laptop teknologisederhana :Alat permainan edukatif

E-Mail

DARI:
jawa barat
TANGGAL:
17/05/2008
NAMA:
Ramdhan Prayudhi
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
untuk mencapai kwalitas pendidikan khususnya bidang TIK di seluruh sekolah/madrasah maka tentu pula harus didukung oleh fasilitas penunjang

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Laboratorium Komputer, jaringan internet

E-Mail

DARI:
Lampung
TANGGAL:
18/05/2008
NAMA:
Ir. ISKANDAR ZULKARNAIN
SAYA: Dosen
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Jangan jadikan Setifikasi Guru hanya sebagai sarana untuk mendapatkan sertifikat. Tetapi yang terpenting adalah peningkatan kemampuan Guru. Apalagi kalau seminar dan diskusi hanya diikuti oleh para Guru dengan tujuan "hanya" untuk dapat sertifikat.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Guru sebenarnya tidak banyak menuntut fasilitas. Tetapi yang utama adalah bagaimana Putra dan Putri Guru bisa berpendidikan yang layak. Apakah guru harus meminjam uang ke Bank dan "menyekolahkan SK" PNS nya agar Putra Putrinya bisa sekolah/kuliah? Ironis, putra/i guru banyak yang putus sekolah!

E-Mail

DARI:
Riau-Indonesia
TANGGAL:
19/05/2008
NAMA:
Didi Tarmuji
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Guru ditahun 2008 harus mampu dalam segala bidang. Seiring dengan pesatnya perkembangan diberbagai bidang. Khususnya guru harus mampu mengikuti berbegai perkembangan di bidang pendidikan. Dengan tujuan untuk mengembangkan diri agar tidak tertinggal. Intelektual, moral yang baik, disiplin yang tinggi, etos kerja yang baik, tidak malu bertanya dan berani mengakui kelebihan orang lain dan kekurangan diri sendiri. Menurut saya itulah yang diperlukan guru di tahun 2008 ini.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. Komputer
2. Internet

E-Mail

DARI:
Riau
TANGGAL:
22/05/2008
NAMA:
ERNI GUSTI
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
kemampuan guru tahun 2008 harusnya lebih ditingkatkan terutama masing-masing guru harus memahami kemajuan teknologi terutama memanfaatkannya dalam proses pembelajaran sehingga apapun kesulitan guru disuatu daerah dapat sharraing dengan guru lain di seluruh pelosok tanah air

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Untuk melengkapi pengetahuan guru sangat diperlukan fasilitas :
1.Komputer
2.labor
3.jaringan internet

E-Mail

DARI:
Sumatera Utara
TANGGAL:
28/Mei/2008
NAMA:
SUGENG PRAWOTO
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Bagi guru diperlukan tambahan pengetahuan mengenai pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer. Untuk itu seorang guru harus memiliki penghasilan yang memadai, misalnya tunjangan kesejahteraan bagi yang telah lulus sertifikasi guru.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
komputer
internet
ruang multi media

E-Mail

DARI:
Jawa Barat
TANGGAL:
29/05/2008
NAMA:
FM budi
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Guru bukan hanya bisa mengajar tetapi harus mampu mendidik peserta didiknya dari sisi mentalitas dan budi pekerti sehingga peserta didik tidak hanya pandai menguasai mata pelajaran tertentu tapi dibarengi mental dan sikap yang luhur dan budi pekerti yang baik. Guru harus bisa merubah paradigma bahwa guru adalah segalanya, sumber pengetahuan, seseorang yang mentransfer ilmunya. Tapi guru harus menjadi pelayan, fasilitator bagi perkembangan setiap peserta didik yang memiliki kompetensi berbeda-beda.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
laptop

E-Mail

DARI:
aceh nanggroe aceh darusalam
TANGGAL:
29/05/2008
NAMA:
misriana
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
dalam kemampuan mengajar guru harus lebih mengetahui dasar-dasar pelajarn yang diajarkan. dan harus mengetahui metode-metode belajar yang baik... guru harus dapat menumbuhkan minat belajar pada diri siswa.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
eperluan guru dalam mengajar pada tahun 2008 khususnya guru yang mengajar di tempat terpencil. yang kita ketahui tempat terpencil sangat jauh dengan kehidupan modern. menurut saya guru yang mengajar di tempat terpencil itu diberikan fasilitas dalam mengajar baik itu komputer atau alat media pembelajaran yang lebih canggih dai pada menggunakan buku catatan....

E-Mail

DARI:
Lampung
TANGGAL:
4/6/2008
NAMA:
Satria Utama
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Adanya pembinaan guru-guru seperti penataran yang di adakan oleh pemerintah pusat ataupun daerah, khususnya untuk guru komputer Sekolah Dasar agar tidak adanya perbedaan materi bahan ajar.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
pengadaan sarana pendukung bagi guru-guru komputer, agar dapat mengembangkan kreativitas para guru dalam cara mengajar di sekolah

E-Mail

DARI:
dalam negeri
TANGGAL:
5/6/2008
NAMA:
s.rahmad
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
hars mempunyai dedikasi tinggi artinya guru hrs slalu belajar & hrs mampu dpt mmbaca keadaan yag cpt berubah & tak boleh gagp teknologi. minimal hrs searing dg guru lain agar tak ketinggalan jaman. disamping itu sudah elayaknya setiap sekolah hars ada jaringnan TI agar bisa saling sinergi dengan cepat denngan sekolah lain

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
teknolgi tinggi sperti notebook dll sderhana hrs ada OHP selain papan tulis

E-Mail

DARI:
NTT (dalam negeri)
TANGGAL:
09/06/2008
NAMA:
alin beda
SAYA: Siswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
guru harus propesional untuk itu pemerintah di minta untuk mendatangkan fasilitas, berupa, pengadaan buku, perlngkapan infrastruktur seperti perbaikan gedung sekolah. hal terutama labih di tujukan ke daerah-daerah terpencil.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
guru harus dapat menguasai tekhnologi sesuai dengan tuntutan zaman saat ini, untuk itu pemerintah hendaknya mulai mensosialisasikan tekhnologi kepaada guru-guru, khususnya guru-guru didaerah terpencil.

E-Mail

DARI:
jatim
TANGGAL:
11/06/2008
NAMA:
julia
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
guru-guru yg ada saat ini diberi pelatihan cara pengajaran yg efektif, jangan cuma "ngoceh2" aja di depan murid2, belum tentu juga murid2 ngerti!! seminar dan pengembangan pikiran, saya pernah dengar adanya pelatihan tentang bagaimana agar pikiran kita menjadi terstruktur sehingga saat menjelaskan sesuatu tidak "melenceng" dari tema yg ada

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
guru2 saat ini butuh:
1. bagaimana cara menggunakan komputer, internet, email, dsb yg berhubungan dengan teknologi yg ada, sehingga nggak kalah sama murid2nya, banyak murid2 sekolah sekarang buka2 situs "ga bener", guru2 sendiri kurang paham mengenai teknologi sehingga sulit untuk mengerti mengenai murid2nya

2. fasilitas laboratorium yg memadai. menurut pengalaman saya sekolah dulu, fasilitas lab seadanya, gurunya sendiri kurang paham prakteknya krn keterbatasan fasilitas

E-Mail

DARI:
Jawa Barat/ Dalam Negeri
TANGGAL:
12/6/2008
NAMA:
Jamaludin
SAYA: Masyarakat
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Pemerintah hendaknya lebih peduli terhadap peningkatan mutu dan kualitas guru, melalui membuka program bea siswa bagi guru yang tidak mampu dalam finansial

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Keinginan guru sebenarnya tidak banyak dan cukup sederhana yaitu hany penuhi secara penuh tentang sembilan standar pendidikan di indonesia

E-Mail

DARI:
lampung
TANGGAL:
06/14/2008
NAMA:
suwono
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
perbanyak buku ajar bagi guru komputer, sehingga pendidikan di daerah sama dengan yang di kota besar. perbanyak pelatihan-pelatihan bagi guru guru komputer

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
lab komputer dan pembelajaran komputer

E-Mail

DARI:
jawa tengah
TANGGAL:
15/06/2008
NAMA:
miyatun
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
seorang guru harus mampu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan kejanggalan dalam belajar

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
fasilitas sangat mendukung dalam proses belajar mengajar terutama dalam bidang teknologi. untuk itu pemerintah harus memperhatikan fasilitas yang ada baik untuk guru maupun anak didik..ok.!!!

E-Mail

DARI:
Jawa Timur ( dalam negeri)
TANGGAL:
29/06/2008
NAMA:
AGUS SANTUSO
SAYA: Staf Sekolah
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
GURU SEKARANG MASIH DAPAT DITANGGUHKAN DALAM PENDIDIKAN KADANG TERGANTUNG DALAM SIFAT DAN KELAKUANNYA SEBAGAI MANUSIA

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
MEDIA JAMAN SEKRANG SEPERTI KOMPUTER DAN PERLU MEMILIKI SENDIRI

E-Mail

DARI:
Sumatera Barat
TANGGAL:
02/07/2008
NAMA:
Agus Purwanto
SAYA: Masyarakat
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Untuk kondisi saat ini, khususnya pada mata pelajaran TIK, hendaknya guru tidak hanya berteori saja, tetapi lebih kepada praktek, karena khusus TIK, kalau cuma teori tanpa praktek, sama juga bohong alias nol besar.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Perangkat komputer yang terintegrasi kedalam sistem jaringan

E-Mail

DARI:
jawa tengah
TANGGAL:
08/07/2008
NAMA:
wahyu eddy p
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
era informasi dan teknologi saat ini, diharapkan guru mampu menguasai materi pembelajaran, dg menggunakan media pembelajaran seperti media komputer, lcd, dll. Sehingga guru bisa memberikan variasi pembelajaran yang mudah dimengerti peserta didik. Namun yang terpenting "guru" mampu mengoptimalkan kompetensi yang dimiliki utk kebutuhan peserta didiknya.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
fasilitas yang dimiliki guru, minimal bisa mengoperasikan komputer/laptop, internet, sehingga ia bisa menggunakan media untuk kepentingan pemebelajaran, sayangnya tidak semua sekolah di negeri ini bisa memberikan fasilitas kepada guru dan siswanya. trus solusinya ya kreatiflah... !! trims

E-Mail

DARI:
Jawa Timur
TANGGAL:
10/07/2008
NAMA:
Kusnul Chotimah
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Guru harus mampu menguasai Teknologi informasi yang up to date yakni Internet untuk mengembangkan kemampuannya agar dalam mengajar guru bisa memberikan informasi yang terbaru dan terbenar kepada siswanya

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Adanya internet di sekolah yang penting bagi peningkatan kompetensi guru.

E-Mail


Pertanyaan Webmaster
Situs-situs yang mana yang:

  • bermutu dan penting untuk siswa-siswi?
  • "penting bagi peningkatan kompetensi guru"?
Salam Pendidikan

DARI:
sulawesi tenggara
TANGGAL:
14/07/08
NAMA:
ZAINAL LOONG, S.Pd
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
kami sangat membutuhkan pengadaan komputer disekolah dari pemerintah pusat

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:

E-Mail

DARI:
Makassar, Sulawesi Selatan
TANGGAL:
15/07/2008
NAMA:
Feizarina
SAYA: Dosen
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Keperluan yang utama untuk kemampuan mengajar guru adalah kecintaan dan kerelannya atas pilihan hidupnya menjadi guru, selain faktor - faktor yang dijelaskan dari email-email yang ada. Karena dengan menjadi guru hanya karena tidak adanya jurusan lain atau tidak adanya kesempatan sesuai dengan bidangnya alias keterpaksaan , tidak akan memberikan dampak kemampuan yang maksimal dari guru itu sendiri. Persaingan mencari lapangan pekerjaan menuntut guru dapat menanamkan kemampuan nilai lebih bagi siswanya . Hal ini akan dapat diperoleh dengan "nilai cinta" dari keguruannya, selain kemapuan intelektualitas yang dimiliki serta Spiritual serta kedewasaan emosional dari individual guru tersebut yang harus selalu ditingkatkan dan dipahami dimana kelebihan dan kekurangan dari diri guru itu sendiri.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Dengan perkembangan teknologi yang ada tentunya diperlukan pula kesiapan perangkat yang berhubungan dengan IT , ysng akan menunjang kemampuan guru mengaplikasikan ilmunya dengan peralatan tekonologi yang ada. Tentunya hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit yaitu selain perangkat yang siap juga kemampuan manusianya untuk dapat menggunakannya sesuai dengan kemanfaatannya

E-Mail

DARI:
negari
TANGGAL:
24/07/2008
NAMA:
sanuzi
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Saya melihat kemampuan guru mengajar semakin mencabar seiring dengan perubahan masa dan zaman serta budaya pendidkan di Malaysia.Guru kini sebenarnya mempunyai nilai dan keazaman untuk menngkatkan ilmu demi anak didik di sanubari dan jiwa seorang pendidik.Kita harus memberi sokongan dan saling membantu antara pendidik dan kerajaan juga mengambil berat dalam membantu merealisasikan aspirasi baik ini bersama.Saya melihat sesetengah subjek diabaikan seperti pendidikan jasmani ,tetapi kita semua sedar kepentingan penjagaan kesihatan dan cara hidup sihat dikenhendaki oleh semua masyarakat..

Kita mesti sentiasa berfikir dan mengambil tindakan bukan sekadar mendengar dan biarkan ia terus berlaku.Kemampuan guru 2008 dan seterusnya yang menentukan isu -isu ini diatasi secara bijak dan cemerlang dalam era global .

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Keperluan ini mesti dilaksanakan dengan hati yang murni bukan sekadar lepas batuk ditangga.

Kebajikan guru dari pelbagai sudut..

E-Mail

DARI:
jawa barat
TANGGAL:
31/07/2008
NAMA:
gunawan
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
tentunya dengan penambahan ilmu pada guru itu sendiri dengan cara meningkatkan kemampuan keilmuannya artinya guru harus memiliki tingkat kemampuan yang memadai dalam hal mengajar, misalnya diadakan trainning for trainer atau berbagai bentuk pelatihan yang mengarah pada peningkatan keilmuan dalam kemampuan mengajar.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
semua itu tentu saja harus diimbangi dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti komputer, dan fasilitas internet atau bila perlu bukan saja siswa yang diberi program satu laptop satu anak melainkan satu guru satu laptop agar sedikitnya dapat memudahkan berbagai macam pekerjaanny dalam mengajar.

E-Mail

DARI:
jawa timur
TANGGAL:
3/08/2008
NAMA:
Lili Andajani
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Kemampuan untuk mengelola informasi yang ada dari berbagai media untuk menjadi bahan pembelajaran yang kontekstual. Untuk itu guru perlu dapat mengakses berbagai informasi dari berbagai media

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Fasilitas internet dan media komunikasi

E-Mail

DARI:
SUMATRA UTARA
TANGGAL:
11/08/2008
NAMA:
RUTH OKTAVIA
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
SAYA TERTARIK DENGAN SARAN TEMAN-TEMAN YANG LAIN TAPI SAYA SEDIKIT MENAMBAHKAN SUPAYA SETIAP CALON GURU HENDAKNYA JANGAN HANYA ASAL TAMAT SAJA KRN BANYAK SEKALI GURU YANG TIDAK TAU CARA MENGAJAR.MENURUT SAYA KEMAMPUAN MENGAJAR YANG BAIK ADALAH CTL, WALAUPUN METODE INI UDAH BASI TAPI BAIK SEKALI DITERAPKAN DI SEKOLAH. UNTUK PEMERINTAH SEBAIKNYA LEBIH MEMPERHATIKAN LAGI NASIB PARA GURU BARU MAUPUN YANG PENSIUN. SEKIAN

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
KOMPUTER, BUKU-BUKU YANG MENUNJANG AKTIFITAS BELAJAR. BAIK UNTUK GURU MAUPUN SISWA.

E-Mail

DARI:
Bengkulu
TANGGAL:
14/08/2008
NAMA:
emanuel hartanta
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
menguasai TIK agar dapat melaksanakan kbm dengan baik.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
komputer, LCD, dan internet

Yth. Emanuel Hartanta
Mohon mejelaskan, apa maksudnya "menguasai TIK agar dapat melaksanakan kbm dengan baik". Apa maksudnya, lebih mampu mengajar TIK dengan baik?
Kalau maksudnya mengajar mata pejajaran yang lain lebih baik, mohon menjelaskan ya. Bagaimana? Ini yang penting!


Salam hormat
Webmaster

E-Mail

DARI:
jawa tengah
TANGGAL:
16/082008
NAMA:
endro santoso
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
menurut saya seorang pengajar di tahun 2008 harusnya telah melakukan pengajaran menggunakan banyak media pembelajaran, alat peraga, dan menguasai media elektronika seperti komputer dan internet.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
internet masuk sekolah.

E-Mail

DARI:
jawa timur indonesia
TANGGAL:
17/08/2008
NAMA:
Almira Indiani
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
meningkatkan kemampuan siswa belajar secara optimal

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
menguasai teknologi informatika

E-Mail

DARI:
jawa timur
TANGGAL:
18/08/2008
NAMA:
budi
SAYA: Dekan
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
guru harus mampu memanfaatkan semua yang berada di sekitar siswa sebagai sumber belajar. Kreatifitas guru dalam berinovasi sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pembelajaran. murid banyak yang pinter buka internet, lha kok gurunya gaptek. malu dong sama anak-anak.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
komputer internet bukan unsur utama. siswa pinter komputer dan internet, guru juga harus menguasai. tatapi jika guru tidak kreatif, hasil tidak maksimal.

E-Mail

DARI:
DKI Jakarta
TANGGAL:
21/08/2008
NAMA:
DINA BUDIYANTI
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
KREATIF, INOVATIF dan INTELEGENCE. Guru adalah motivator bagi siswa dan siswinya. Seorang motivator harus memiliki kreatifitas dan inovasi serta Intelegensi sehingga ada cambuk semangat setiap kali guru tersebut hadir ke dalam kelas.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
MULTIMEDIA. Disadari atau tidak multimedia khususnya untuk pelajaran TIK adalah sesuatu yang tidak dapat ditawar lagi. Karena TIK bukan pelajaran menghapal tetapi dengan mempraktekkan siswa dengan sendirinya akan memahami indikator mata pelajaran tersebut yang akan termemori dalam ingatannya.

E-Mail

DARI:
Sulawesi Utara
TANGGAL:
22/8/2008
NAMA:
Conny Katiandagho
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
1. Guru harus punya kompetensi ICT 2. Inovasi dalam strategi dan pendekatan pembelajaran sangat diperlukan

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. Sarana internet di tiap sekolah, wajib ada
2. Moving class wajib untuk efisiensi dan efektifitas, jadi jumlah RKB harus cukup tersedia

E-Mail

DARI:
Jawa barat
TANGGAL:
28/08/2008
NAMA:
muhamad taufik
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
menguasai offiece ulead video editing dll

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
iya sangat perlu sekali dalam perkembangan dunia zaman sekarang dan tidak gaptek

E-Mail

DARI:
jawa tengah
TANGGAL:
03/09/2008
NAMA:
aryatmono siswadi
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
saya bicara tentang KTSP yang telah berjalan selama ini. tidak ada evaluasi secara nasional sehingga hasil yang didapat dari KTSP tersebut sanagat-sangat tidak memuaskan. bagaimana mungkin seorang siswa terpencil bisa mengejar yang dikota kalau ujung-ujungnya dalam UN tak ada perbedaan tentang soal. menurut saya tunda sajalah sehingga kemamuan mengajar tidak tersendat-sendat.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
kembalikan dulu ke kurikulum yang lalu 2004 atau yang 1994 biarlah guru-guru yang belum siap akan siap dulu.

E-Mail

DARI:
suawesi-selatan
TANGGAL:
10/09/2008
NAMA:
rani
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
FASILITAS PENGAJARAN YANG BERBASIS TEKNOLOGI MODERN, PENYEDIAAN PERPUSTAKAAN MULTIMEDIA DITIAP SEKOLAH,PEGADAAN JARINGAN INFORMASI SEKOLAH ,PALING TIDAK 10 UNIT KOMPUTER DI TIAP SEKOLAH......

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
HIGH TECH (TEKNOLOGI MODERN ) LCD PALING TIDAK DALAM TIAP LABORATORIUM.......

E-Mail

DARI:
provinsi kalimantan selatan
TANGGAL:
10/09/2008
NAMA:
zakir
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
setiap guru seharusnya fokus hanya untuk mengajar tapi coba dilihat berapa persen guru yang benar benar tugasnya hanya mengajar??

sebagai bahan renungan maka kita harus melihat kemampuan guru mengajar tergantung dari fokus, tujuan dan sarana pendidikan yang lengkap lagi menunjang bagi terciptanya suasana yang kondusuf dalam proses belajar mengajar.

banyak pengajar yang memiliki kerja sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidup bahkan untuk menyekolahkan anaknya di PTN atau PTS,, saya merasakannya sendiri karena orang tua saya adalah guru dan gajinya hanya 50 persen dari biaya kuliah di PTN atau PTS apalagi yang kuliag saya dan kaka saya.

modal dasar pembangun sebuah bangsa dimulai dari pendidik yang unggul dan berkualitas

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
fasilitas memang sangat menunjang dalam sebuah pembelajaran maka saya ingin adanya pemerataan fasilitas di seluruh indonesia agar siswa di provinsi tidak kalah bersaing dengan yang di ibukota baik yang teknologi yang tinggi maupun yang sederhana.

E-Mail

DARI:
dalam negeri
TANGGAL:
11/09/2008
NAMA:
ARY HENDARI
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Sejak lounching IT bergulir dalam dunia pendidikan, terasa sekali bagi seorang guru untuk menguasai keterampilan komputer. Tidak hanya sebagai operator, guru juga harus mampu menggunakan komputer (laptop)sebagai media dalam mengajar. Bahkan berbagai alat peraga dapat diciptakan melalui aplikasi dalam komputer. Apapun disiplin Ilmu yang dimiliki, keterampilan komputer sekarang ini sudah menjadi keharusan untuk dikuasai.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Laptop, LCD dan Jaringan Dunia Maya yang dapat diakses diberbagai kelas dalam sebuah sekolah

E-Mail

DARI:
Bekasi - Jawa Barat
TANGGAL:
11/09/2008
NAMA:
Zuraid Barahima
SAYA: Staf Sekolah
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Dengan semakin bagusnya tekhnologi Informasi dan Komunikasi, maka Setiap Tenaga Pengajar/Guru Kudu/Harus Bisa menguasai Tekhnologi Tersebut. Oleh Karena itu hendaknya Dinas Pendidikan Dapat Menyediakan/Melaksanakan Pelatihan Bagi Guru-Guru Minimal Mereka Bisa Mengenal atau tidak HighTech.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Perangkat Laboratorium dan Perangkat Keras (PC/Laptop) dengan tekhnologi yang cukup sederhana sesuai dengan kemampuan sekolah saat ini

E-Mail

DARI:
kalimantan timur (dalam negeri)
TANGGAL:
14/09/2008
NAMA:
syamsul risal
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
dalam peroses pengangkatan guru harus lebih dijaga karena guru m merupakan saluran pikiran setiap siswa dan tahun 2008 ini guru harus memiliki kurikulumm yang berbasis international.thank"s

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
memasuki era globalisasi setiap guru harus di bekali dengan perangkat komputer, paling tidak disetiap sekolah dan memiliki jaringan internet.

E-Mail

DARI:
DKI Jakarta
TANGGAL:
16/09/2008
NAMA:
Ir. Supriyanto
SAYA: Pengamat Pendidikan
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Kemampuan guru ditahun 008 ini harus meningkatkan dalam penggunaan IT dan menulis sebab banyak guru yang tidak mempunyai karya tulis maupun penelitian, penelitian paling sederhana adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan penelitian ini guru selalu berinovasi dan selalu kreatif dalam mengajar dan tidak staknan

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Fasilitas yang diperlukan teknologi sederhana sampai tinggi misal penggunaan komputer dan juga mengakses internet dan tidak kalah penting adalah penggunaan bahasa asing

E-Mail

DARI:
kotapinang labuhanbatu
TANGGAL:
17 september 2008
NAMA:
Dewi wahyuni
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
1.Guru yang mampu memahami dan menguasai psikologi siswa yang berkembang dengan seiringnya kemajuan tekhnologi
2.disiplin
3.propesional

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1.sarana dan prasarana yang menunjang pendidikan di sekolah
2.internet

E-Mail

DARI:
Nanggroe Aceh Darussalam
TANGGAL:
17/09/2008
NAMA:
Pak Perri
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
1. skill
2. pengetahuan
3. kemauan
4. Kesejahteraan
5. ketenangan (tanpa intimidasi dari pejabat)
6. ikhlas

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. laptop
2. infokus
3. buku/cd tutorial
4. soundystem

E-Mail

DARI:
jawa timur
TANGGAL:
18/9/2008
NAMA:
ACHMAD WAHYUDI
SAYA: Pengamat Pendidikan
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
guru harus siap dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik yang "siap" : 1. memperbanyak referensi untuk memperkuat mata pelajaran yang di ajarkan, 2. mempelajarai psikologi anak didik, 3. proses belajar mengajar yang menyenangkan dengan menyisipkan ice breaker, 4. ikhlas dalam mengajar.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Teknologi yang sesuai dengan keadaan anak didik. jangan terlalu canggih malah anak didik tidak ada yang punya, misal internet. alat peraga ajalah yang ada di sekitar lingkungan.

E-Mail

DARI:
Kalimantan Selatan
TANGGAL:
20/09/2008
NAMA:
Harpinto
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Guru harus memiliki kemampuan menyusun atau mendesain skenario pembelajaran berbasis e_dukasi (pendidikan berbasis ICT) sehingga guru tidak lagi terfokus pada pembelajaran tatap muka (konvensional), sehingga walaupun seorang guru tidak berada di dalam kelas, pembelajaran dapat dilakukan dengan "jarak jauh", dengan menggunakan internet tentu saja jarak bukan merupakan masalah, bahkan anak didik dapat belajar kapan saja dan dimana saja sesuai kemauan anak didik.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1. guru harus difasilitasi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang familiar.
2. guru harus memiliki komputer (jika mungkin mobile)

E-Mail

Yth. Harpinto,

Saran Webmaster: Apa maksudnya, setiap kelas di Indonesia akan mempunyai 40 komputer (kira-kira 600-1500 komputer/sekolah), kapan? Kelihatannya dengan ICT & e-Learning kita tidak akan perlu guru lagi kan? Semoga anda mempunyai bisnis samping!

Ya memang enak mimpi, tetapi kita akhir harus balik ke bumi, di mana puluhan ribu sekolah adalah rusak atau ambruk dan 30.000 desa belum teraliri listrik. Mengapa negara maju tidak memakai sistem begini di sekolah umum? Apa mereka belum memikirkan? Ada banyak artikel di Internet mengenai masalah-masalah e-learning (bahasa Inggris). Coba menjawab kepada 12 pertanyaan yang ada di Internet Masuk sekolah saja dulu.

Pindah ke e-learning adalah seperti loncat dari mulut harimau dan masuk ke mulut buaya! Banyak sekali isu yang harus dihadapi, dan mutu pendidikannya???

Membaca:
"In an assessment of the status and growth for e-learning technology in various market sectors, Hasebrook, Herrmann and Rudolph (Cedefop, 2003) bluntly said of the K12 (Vocational Education and Training) sector: "Disillusionment in the US. Europe never really gets started". In a report for Cedefop on e-learning in Small and Medium Enterprises (SMEs) (Cedefop, 2003b), I commented that despite all the hopes the reality of e-learning has been less than convincing. The development of e-learning has been dominated by the metaphors of the virtual classroom and the virtual university, an over obsession with technologies and a focus on distance applications of existing learning opportunities, rather than the diffusion of learning in wider societal activities and forms. The term e-learning has become devalued to the extent where it might be more properly seen as a marketing word, rather than a description of pedagogic and learning practices. There has been very limited attention to vocational and occupational learning and the development of e-learning environments in less formal learning contexts. In an unusually candid assessment, the European Commission themselves have said:"

"After an initial period of enthusiasm, often described as 'hype', there are growing doubts about the real demand for educational e-content, and about its relevance for improving learning."

"hype" - Retorika
Ref: e-Compete Wales - Issues in e-learning

Sebenarnya solusinya adalah guru harus lebih "terfokus pada pembelajaran tatap muka (konvensional)" dan miningkatkan mutu KBM, kan? E-Learning bukan solusinya.


Salam Pendidikan!

DARI:
jawa barat
TANGGAL:
24/09/2008
NAMA:
sumsum sumiartie
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
rata rata guru tentulah sudah memiliki kemampuan untuk mengajar, cuma karena hidupnya banyak susah, konsentrasi mengajarnya sering terganggu. Oleh karena itu kesejahteraannya harus dicukupi.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Pemerintah harus memfasilitasi guru agar guru memiliki ketrampilan dan menguasai bidang IT, sehingga tidak tertinggal oleh siswanya. Sekarang ini kenyataannya banyak siswa trampil menggunakan komputer/notebook, sementara guru, pegang saja ga pernah.

E-Mail

DARI:
Jawa Timur
TANGGAL:
27/09/2008
NAMA:
Diny Martiningsih Bastam
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Seorang Guru di jaman yang serba maju dan canggih ini juga harus maju dan canggih dalam bidang yang diajarkan, akhlak, moral, kepribadian, tidak GAPTEK dan tentu saja harus GAUL supaya tidak misscomunication dengan anak didiknya. Bravo Guru Indonesia !!!

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
- Kesempatan mengembangkan kemampuan diri
- Kesejahteraan yang cukup
- Buku dan bahan ajar yang memadai
- Peralatan ICT yang selalu up to date

E-Mail

DARI:
Kerajaan Arab Saudi
TANGGAL:
3/10/2008
NAMA:
enang nugerahman
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Memang harus diakui,profesionalisme Guru belum menggembirakan untuk meningkatkan hasil kinerja da beberapa yang harus dipenuhi
1. Kemampuan Bahasa Inggris minimal Pasif untuk dapat membaca literatur Asing.
2. Masyarakatkan di dunia Guru tentang soal-jawab Olimpiade Dunia
3. Memiliki Laptop/Komputer untuk browsing ilmu yng digelutinya
4. Selalu komunikasi sesama Guru sejenis
5. Bgaiman jika Guru-gur terbaik bisa saling transfer seperti pesepak bola Nasional/Internasional agar terpacu untukmaju. Guru bagus layakdibayar mahal
6. Kita profesional tentu kesejahteraan mengikutinya, Insya Allah, jangan berjalan di tempat
7. Saling informasi Sumber literatur yang bisa meningkatkan Pengetahuandi bidangnya, apalagi sekarang kendala biaya, waktu dan kesempatan tidak menghalangi 100% dengan adanya internet.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
1.Ases internet berkemampuan tinggi agar download e-book atau lainnya cepat
2.Masing-masing pribadi memiliki situs agar dapat diakses murid
3.Memiliki laptop/komputer pribadi, agar bebas virus dan bisa kerja kapan saja

E-Mail

DARI:
taiping, perak, malaysia
TANGGAL:
8/10/2008
NAMA:
juaini ama;lina bt jamaludin
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Guru perlu meningkatkan kemahiran ikhtisas dan pendagodi serta mempraktikkan pendekatan-pendekatan yang sesuai mengikut kanak-kanak. kanak-kanak adalah berbeza antara satu dengan yang lain. pemupukan kemahiran kanak-kanak sewajarnya berdasarkan nilai dan bakat kanak-kanak itu. adalah lebih afdal kojnsep kegembiraan digunakan bagi kanak-kanak daripada konsep peneguhan negatif seperti dendaan.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
alat bantu mengajar yang menarik, pelbagai serta mengikut arus perkembangan semasa dunia kanak-kanak di tempat dia mengajar

E-Mail

DARI:
DKI JAKARTA
TANGGAL:
15/Okt/2008
NAMA:
SUNARTO
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Kemampuan mengajar guru tahun 2008 Guru sebagai model bagi murid-muridnya untuk itu selain pandai menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif,dan menyenangkan ,guru juga harus memperhatikan sikapnya saat di depan kelas sebagai suri tauladan bagi muridnya dalam segala hal.terutama pada tutur katanya,sikapnya dan cara berbusana.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
keperluan guru tahun 2008 Komputer,internet,dan buku-buku penunjang / perpustakaan yang lengkap.

E-Mail

DARI:
BENGKULU
TANGGAL:
17/10/2008
NAMA:
Baheramsyah
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008..............

Yth. Baheramsyah
Maaf, sebaiknya anda membaca Internet Masuk Sekolah dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
Dan mengirim saran lagi yang lebih jelas.
Salam hormat
Webmaster

E-Mail

DARI:
jawatimur
TANGGAL:
jumat/17/2008
NAMA:
tedy tofan aristian
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
menurut saya,,,saat ini dibutuhkan seorang guru yang benar-benar memiliki ijazah(maaf).karna saat ini masih ada(banyak)guru yang memiliki ijazah hasil usaha yang instan(palsu).hal ini menyebabkan guru diindonesia memiliki jiwa hanya sbg "PENGAJAR" bukan sbg "PENDIDIK".yg hanya tergiur dg sgl fasilitas yg akan diperoleh oleh guru pd saat ini(tunjangan/insentif)

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:

E-Mail

DARI:
Banten
TANGGAL:
21/10/2008
NAMA:
Ani Hermawan
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
guru harus bisa mengoperasikan komputer

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
laptop dan infocus

E-Mail

DARI:
Jawa Tengah
TANGGAL:
21/10/2008
NAMA:
margono
SAYA: Pengamat Pendidikan
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Kemampuan mengajar guru sangat diperlukan, banyak guru yang bukan lulusan LPTK yang khusus mencetak tenaga guru menyebabkan kemampuan guru dipertanyakan. Secara akademis, lulusan IKIP mungkin kalah dari lulusan universitas, tetapi profesi guru bukan hanya secara akademis, tetapi juga non akademis, karena tugas guru bukan hanya mengajar (kognitif) tetapi juga membimbing (afektif), ini yang tidak didapatkan dibangku universitas. Perlu dilakukan penataan dan pembinaan kembali bagi guru-guru kita, satukan persepsi tentang makna dan tujuan pendidikan. Hidup guru!!!

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Fasilitas? sesuatu yang harus disediakan untuk guru, tentunya bertujuan untuk menunjang proses KBM. Fasilitas bukan aksesories, tetapi komponen utama dalam meningkatkan mutu pendidikan sesuai standar nasional pendidikan dalam PP 19 tahun 2005 serta Standar Pelayanan Minimal dalam tiap-tiap daerah. Guru tanpa fasilitas bagai macam tanpa gigi, alias ompong tanpa taji. Guru juga jangan alergi terhadap teknologi, mereka dituntut mampu beradaptasi dengan kemajuan, jadi "ojo gumunan". Teknologi Informasi yang semakin pesat memungkinkan siapa saja (termasuk siswa) dapat belajar dari berbagai sumber, jika guru tidak bisa mengikutinya..wah bisa ketinggalan deh.

E-Mail

DARI:
Jawa Timur
TANGGAL:
22/10/2008
NAMA:
Wiradi
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Kemampuan guru tahun 2008 Memiliki kepribadian yang kuat sehingga mampu sebagai contoh bagi murid-muridnya Menguasai materi pelajaran yang diampunya dengan baik Mampu menyusun program pembelajaran yang menantang dan membuat siswanya senang dalam belajar serta mampu melaksanakannya dengan baik Mampu merancang evaluasi Menguasai teknologi untuk menunjang tugasnya

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Buku sumber yang cukup baik materi pelajaran maupun teori-teori pendidikan. Tempat kerja yang memadai Dana yang cukup untuk membuat alat peraga sendiri atau praktek Pelatihan rutin untuk mengupgrade pengetahuannya Forum ilmiah tingkat kabupaten

E-Mail

DARI:
jawa timur
TANGGAL:
22/10/2008
NAMA:
elish
SAYA: Dosen
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
mengajar dan membimbing siswa dengan materi secara kontekstual, sesuai keadaan dan kebutuhan, sehingga dapat memecahkan masalah lokal dan keseharian. ada mahasiswa saya tidak tahu pohon padi seperti apa? bukankah itu pendidikan yang tidak kontekstual?kelas dimahasiswa seharusnya tidak membawa padi di dalam kelas (karena belum tahu) tetapi bagaimana meningaktkan produktivitas padi.bukankah itu seharusnya sudah ada di pendidikan dasar (sekolah)?

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
alat peraga keseharian, prototipe masalah keseharian/lokal bisa komputer,dll

E-Mail

DARI:
DIY
TANGGAL:
22 oktober 2008
NAMA:
Christian Anggoro
SAYA: Mahasiswa/i
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
guru harus mampu mendekati siswa/i secara personal. dengan demikian siswa/i akan merasa "dimanusiakan" yang berdampak pada motivasi belajar mereka.

jika melihat kenyataan selama ini, guru memperlakukan siswa sebagai obyek, "yang penting saya mengajar", kurang memperhatikan kebutuhan siswa/i, dan sering menyamaratakan karakter siswa/i.

dengan menjadi seorang "teman" atau "sahabat" para siswa/i, seorang guru akan dengan mudah menyampaikan materi kepada siswa/i karena mereka tidak memiliki beban dalam belajar.

kemampuan ini juga harus dilengkapi dengan kemampuan memotivasi siswa, dan kemampuan untuk merendahkan hati.

karena dicintai siswa/i lebih penting dari pada ditakuti atau dihormati siswa/i

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Studi banding, workshop, pelatihan, buku2 tentang pengajaran, bea siswa

E-Mail

DARI:
sumatera utara
TANGGAL:
2710/2008
NAMA:
Sanro Sihaloho
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
kalau bisa kepada guru untuk produktif diberikan diklat pendidikan

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
untuk guru komputer mohon difasilitasi peralatan laptop didalam pembelajaran

E-Mail

DARI:
DIY
TANGGAL:
31/10/2008
NAMA:
suharno
SAYA: Mohon Pilih
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Kemampuan mengajar guru di tahun 2008, guru mempunyai kompetensi bidang mengjar, kompetensi sosial, dan kompetensi manajerial serta spiritual dan mampu mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif dan menyesuikan dengan tingkat perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan berwawasan global, dan juga mampu mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab serta mampu menanggulangi segala hambatan dalam proses pembelajarannya dengan bekal ilmu yang dimiliki.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Fasilitas yang diperlukan adalah IT, serta menguasai berbagai software pembelajaran dan tercukupi fasilitas buku refrensi dan akses internet.

E-Mail

DARI:
banten
TANGGAL:
1/11/2008
NAMA:
syaiful hayat
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
teacher has to ready every in case.if tecaher has problem. they can to solve it

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
lack technology cause. the teacher has not creative.and lack experiment, too

Saran Webmaster: Teknology bukan alasan untuk guru kreatif atau tidak. Guru adalah kreatif atau tidak, itu tergantung guru sendiri (melihat http://MBEProject.Net). Di negara maju banyak guru tidak menggunakan teknologi walapun ada. Banyak guru di negara maju sudah coba teknologi dan merasa tidak begitu bermanfaat. Mengapa menjadi alasan di sini?

http://teknologipendidikan.com/teknologi.html

http://pendidikan.tv/comments.html

E-Mail

DARI:
Sumatera Selatan
TANGGAL:
4/11/2008
NAMA:
suberia
SAYA: Dosen
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Seiring dengan kemajuan zaman dan tuntutan masyarakat akan kualitas pendidikan yang baik,bermutu,berakhlak mulia.maka kemampuan mengajar guru ( metode mengajar guru harus variatif dan menyenangkan,namun tetap dalam koridar berakhlaqul karimah, arti tujuan pembelajaran tercapai sesuai dengan KD dan Indikator yang telah ditetapkan dalam silabus disamping tetap memperhatikan norma -norma agama dan moral ,etika masyarakat dimana guru itu bertugas.Dan guru itu sendiri harus ingat akan peranan dan fungsinya, tidak hanya sebagai pengajar tapi juga pendidik dan figur contoh yang baik bagi murid dan masyarakat lingkungannya. ( Trims.Suberia ( Widyaiswara BDK Palembang )

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Harapan saya, semua guru pada setiap jenjang pendidikan harus menguasai IT secara mahir.jangan sampai ketinggalan dengan kecanggihan dan kemahiran anak muridnya sendiri.ha haa. sebab , dalam buku "Revolusi pembelajaran abad 21, dikatakan bahwa sekarang guru-guru banyak yang 4 langkah lebih tinggal dari muridnya sendiri dalam penguasaan IT.

E-Mail

DARI:
Jawa Barat
TANGGAL:
06/11/2008
NAMA:
M.Shafwan Husein
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Perlu ditingkatkan kemampuan dan profesionalitas guru. karena kebanyakan kita guru-guru masih mengajar dengan cara konvesional. guru berceramah dan siswa yang mendengarkan.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
salah satunya laptop sebagai penunjang guru dalam mengajar juga yang lebih penting lagi media pembelajaran seperti RPP, Silabus dan media pelajaran.

E-Mail

Saran Webmaster,
Re: "karena kebanyakan kita guru-guru masih mengajar dengan cara konvesional. guru berceramah dan siswa yang mendengarkan"

Kalau guru menggunakan PAKEM (melihat contoh) ini dapat diatasi tanpa biaya. Tergantung guru saja!

DARI:
nanggroe Aceh Darussalam
TANGGAL:
15/11/2008
NAMA:
Adlis
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Kemampuan guru memang menjadi tolok ukur keberhasilan mutu pendidikan di negara tercinta ini

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
seorang guru mutlak menguasai technologi komonikasi, tapi pemerintah juga harus mengimbangi pendapatan seorang guru untuk mengurangi tidak mecari lahan baru untuk menutupi kebutuhan keluarga. langkah sertifikasi tepet namun urusan jangan pelik dan jangan membatasi masa kerja.bagi saya asal memenuhi kriteria silahakn maju.

E-Mail

DARI:
Jawa Tengah, Indonesia
TANGGAL:
17/Novenber/2008
NAMA:
Suharso, S.Pd.
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Pengembangan Media Pembelajaran, Guru hendaknya sebagai fasilitator, Tutor, dan Siswa harus lebih aktif dalam proses KBM, mengajar dengan tersedianya tethnologi terkini, sehingga guru mampu menjawab tantangan era globalisasi, tidak katrok dan GAPTEK.

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Pelatihan kompetensi lebih diintensifkan, lebih sering, untuk menjawab tantangan kedepan, terutama kompetensi pengembangan media pembelajaran dan pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

Tugas Guru sudah dibantu dengan media terkini, laptop merupakan kebutuhan yang mendesak, tulis menulis di papan tulis sudah mulai diganti dengan media pembelajaran yang mengedepankan tekhnologi terkini.

E-Mail

DARI:
Kalimantan Barat
TANGGAL:
19/11/2008
NAMA:
hairuddin
SAYA: Guru
KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TAHUN 2008:
Kempampuan guru di tahun 2008 tidak mengalmi perubahan ,masih bersifat tradisional, hal ini perubahan yang diinginkan tidak bersifat keseluruhan dan tidak disertai pasilitas dan dana,

KEPERLUAN FASILITAS GURU TAHUN 2008:
Fasilitas yang dikehendaki guru adalah keadilan dari pemerintah bukan intervensi dari pemerintah, jika menginginkan suatu perubahan yang berarti adil dululah jangan main koroni dan main tunjuk-tunjukkan, itu tidak adil namanya

E-Mail


Kami sangat menghargai Informasi atau Saran Anda mengenai topik ini. Mohon mengisi formulir (klik di sini) dan Informasi / Saran Anda dapat ditambah di website ini, terima kasih.

Halaman 2 (Kilk Di Sisni)

HOME