3 Cara Membuat Tulisan Menarik Untuk Dibaca

2 min read

Cara Membuat Tulisan Menarik

Cara Membuat Tulisan Menarik Untuk Dibaca – Kendala utama kita semua dalam membuat tulisan  rata–rata adalah mengalami kebingungan dalam memilih tema yang akan diangkat dalam tulisannya. Namun hal ini wajar dialami oleh seseorang yang yang baru memulai aktifitas menulis.

Selain itu, kekhawatiran terbesar di saat ingin membuat sebuah tulisan menirik adalah adanya “penolakan” atau mendapatkan respon yang “anyep” atau dingin dari pembacanya, apalagi jika tulisan itu ditulis pakai hati.

Kesannya orang–orang yang diharapkan akan memberi respon positif ternyata justru tidak memberikan tanggapan apapun.

Selain itu, perasaan bahwa hasil tulisannya itu pasti jelek pasti akan menghantuinya sehingga membuat kita malas untuk memulai tulisannya.

Berani Membuat Tulisan dari Salah

Saya akan mengutip beberapa kalimat Pandji Pragiwaksono yang menurut saya sangat inspiratif yaitu :

“Tidak ada sesuatu di dunia ini yang pertama kali dibuat itu langsung bagus karena sudah pasti jelek! Tidak apa–apa.. Yang penting kita buat karya kita dulu, setelah itu kita belajar supaya bisa lebih baik lagi dari sebelumnya..”

Menurut dia, kunci dari berkarya adalah berproses. Kita tidak pernah memiliki karya yang bagus jika kita tidak pernah memulainya. Jangan khawatir jika karya pertama kita itu jelek, karena pasti itu akan jelek.

Mengapa? karena tidak mungkin karya pertama kita itu langsung bagus.

Dari tulisan yang merupakan karya pertama itu lalu kita akan bisa membuat tulisan kedua, ketiga, keempat dan seterusnya, sehingga tulisan kita akan mengalami proses peningkatan kuantitas dan kualitas baik dari segi penggunaan kosa kata maupun gaya bahasa.

Semakin kita sering berlatih dan berani memperlihatkan ke publik maka mental kita akan terasah dengan sendirinya.

3 Cara Membuat Tulisan Menarik

Lalu bagaimana supaya tulisan kita menarik untuk dibaca oleh orang lain?

Pertama, tulisan kita harus kontroversial, memiliki argumen yang logis dan ada simpulan yang kuat.
Kedua, sebelum kita membuat sebuah tulisan tersebut kita harus memiliki :

  • Pengetahuan akan suatu bidang harus cukup;
  • Ide atau Gagasan;
  • Argumentasi;
  • Teknik Penulisan;
  • Pengetahuan bahasa;
  • Pengetahuan atas Media Sosial;

Ketiga, di saat kita sedang melakukan penulisan kita harus:

  • Tuliskan opini kita dengan hasrat yang kuat;
  • Yakin dengan argumen yang kita sampaikan, jangan takut menjadi kontroversi;
  • Kemukakan argumen dengan bahasa yang logis dan mudah dipahami;
  • Struktur tulisan kita harus baik;
  • Buatlah inti tulisan yang menyita perhatian pembaca;
  • Tunjukkan konsistensi kita atas apa yang kita tulis itu;
  • Tidak menggurui pembaca namun mengajak pembaca untuk berpikir.

Menulis itu adalah salah satu bentuk penyampaian pesan dari kita kepada orang lain. Apa yang ada dalam benak kita bisa dituangkan di situ.

Tentunya, setelah kita menuangkan ide atau opini dalam sebuah tulisan maka kita harus siap dengan berbagai macam pertanyaan atau sanggahan dari orang yang membacanya.

Pertanyaan atau sanggahan itu sudah biasa terjadi.

Tidak apa–apa, kita jangan takut ketika ide atau opini kita tidak ditanggapi atau bertentangan dengan orang lain. Jika kemudian ada pertanyaan yang muncul atas ide atau opini yang kita sampaikan, itu juga baik bagi kita karena otak kita akan semakin terlatih dalam memecahkan sebuah masalah.

Begitu juga saat ada ide atau opini milik orang lain yang berbeda dari orang lain membuat wawasan kita akan semakin berkembang.

Akhir Kata

Pada akhirnya semua itu akan kembali pada diri kita. Semakin lama kita berlatih membuat sebuah tulisan atau karya apapun itu maka kita akan menemukan “warna” diri kita.

Tidak perlu kita terpenjara pada sebuah pakem atau terjebak pada genre tulisan milik orang lain. Jangan pernah takut dalam menuangkan ide atau opini kita dalam tulisan kita sendiri. Kita ini merdeka atas pikiran dan pendapat kita.

Yang penting kita juga harus bertanggung jawab atas apa yang kita tuangkan dalam tulisan. Mulailah dari sekarang menuliskan satu kata demi kata, satu kalimat demi kalimat hingga akhirnya membentuk sebuah paragraf.

Dari sebuah paragraf itu kemudian akan disambung paragraf yang lainnya sehingga membentuk sebuah tulisan milik kita sendiri dan setelah tulisan kita jadi maka biarkan semesta ikut membacanya.

 

Sumber:

G.A, Rangkasbitung, 20.02.2021

Judul: Cara Membuat Tulisan Kita Menarik Untuk dibaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *